TIPS SEHAT MEMBERSIHKAN PARU-PARU BAGI PARA PEROKOK

Kali ini Tips Sehat akan sedikit memberikan sebuah tips yang berguna untuk para perokok. Tidak bisa disangkal, dalam kehidupan kita selalu beradaptasi dengan para perokok. Meskipun kita bukan perokok, tapi asap yang kita hirup dari perokok lain bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi diri kita.

Mungkin anda seorang perokok berat (pecandu) atau dalam kehidupan anda, anda terpaksa berada di lingkungan para perokok, berikut ini kiat cara yang bisa anda lakukan dalam usaha untuk menetralkan paru paru anda, atau paling tidak meminimalisir bahaya rokok terhadap tubuh anda, terutama pada bagian paru – paru anda. Langsung saja disimak Tips Tips Berikut ini :

TIPS SEHAT MEMBERSIHKAN PARU-PARU BAGI PARA PEROKOK

Omega 3
Pemberian makanan / minuman yang kaya akan omega 3 pada penderita penyakit gangguan paru-paru kronik dapat memperbaiki fungsi paru-paru penderita penyakit tersebut, ditunjukkan dengan adanya penurunan serum, tingkat produksi lendir serta perbaikan gejala pada penderita COPD.

Kedelai
Mengkonsumsi makanan serta minuman yang mengandung kedelai dapat memperbaiki fungsi pada paru-paru serta mengurangi serangan penyakit seperti sesak nafas kronis.

“Setelah diteliti, flavonoid yang terdapat dalam makanan kedelai bertindak sebagai anti-peradangan pada paru-paru serta dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang menyebabkan kanker bagi para perokok,” sumber ujar Hirayama. Menurut Hirayama, selain baik bagi paru-paru, kedelai juga bisa menurunkan kolesterol serta mengatasi gejala menopause.

Cobalah Untuk Berhenti Minimal 12 Jam Saja
Bagi pecandu rokok mungkin menghentikan kebiasaan merokok merupakan hal yang sangat sulit. Namun ternyata, jika kita bisa menahannya, tubuh akan memperbaiki sistemnya ketika seseorang mulai berhenti merokok selama 12 jam.

Perasaan buruk mungkin akan terasa di awal, namun pada saat itulah proses penyembuhan kerusakaan akibat rokok dimulai. Karbon monoksida dan kandungan nikotin dalam tubuh kita akan hilang secara bertahap.Kandungan berbahaya tersebut akan hilang secara bertahap dalam waktu 2-3 hari setelah berhenti merokok. Pada saat itu akan timbul perasaan tak tenang serta emosi yang tidak stabil. Rasa lapar, serta keletihan yang berlebihan bahkan kesulitan tidur pun terasa.

Gejala tersebut menandakan bahwa tubuh kita sedang membersihkan sisa-sisa nikotin yang ada. Dalam 2-3 minggu sejak berhenti merokok sirkulasi tubuh akan mulai memperbaiki kerusakan pada paru-paru. Dalam jangka waktu 1-9 bulan, batuk-batuk dan nafas pendek akan menghilang. Paru-paru mulai bersih dan fungsinya kembali normal.

Gejala-gejala seperti depresi, frustasi, dan sakit kepala juga akan melanda proses penyembuhan. Namun hasilnya, Anda bisa terbebas dari risiko kanker, jantung, kemandulan, dan kerusakan paru-paru. Dengan sedikit kesabaran dan niat yang keras, Anda akan mendapatkan kualitas kesehatan hidup yang luar biasa. berhentilah merokok mulai dari sekarang.

Mengkonsumsi Antioksidan
Brokoli, jeruk, apel, serta sayur dan buah lainnya yang kaya akan antioksidan bisa membantu memperbaiki dan melindungi paru-paru Anda. Salah satu studi telah menunjukkan bahwa paru-paru orang yang sering mengkonsumsi lebih dari lima apel dalam seminggu berfungsi lebih baik dari paru-paru mereka yang sama sekali tidak pernah mengkonsumsi apel.

Selain itu, antioksidan isothiocyanate pada sayuran seperti brokoli, tauge, serta kol bunga juga terbukti dapat menurunkan resiko terkena kanker paru-paru. Sayuran kol, kubis hijau dan merah berfungsi sebagai sumber nutrisi dan pelindung paru-paru. Makanan sumber nutrisi paru-paru lain contohnya meliputi buah bit, wortel, ketela, labu, biji wijen, almon, aprikot, kacang, serta buah sitrus. dan sebagainya.

Minum Air Putih
Meminum minimal 8 gelas air putih sehari secara teratur, akan membantu mengelurkan racun dan nikotin yang telah terakumulasi dalam tubuh Anda setelah bertahun-tahun merokok.

Latihan Pernapasan Setiap Hari
Duduklah di tempat yang sejuk penuh dengan dedaunan hijau, tenang dan nyaman. Buat tubuh anda rileks dan tarik napas panjang melalui hidung lalu hembuskan napas melalui mulut selama sekitar 5-10 menit.

Semoga Tips Sehat kali ini yang berjudul Tips Sehat Membersihkan Paru-Paru Bagi Para Perokok dapat bermanfaat. Semoga para perokok dapat berhenti, rokok itu hanya merusak tubuhmu, lalu membunuhmu secara perlahan. Jangan merokok, dan mulailah dengan lembaran hidup sehat yang baru.

NB : Jika artikel ini bermanfaat, sebarkanlah pada sesama. Mari kita jadikan motto hidup sehat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s